Selasa, Januari 26

Penerapan Pembelajaran Berbasis E-learning

“One teacher one blog” Sebagai Salah Satu Langkah Optimalisasi Pembelajaran Berbasis E-learning Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidikan di SMA Negeri I Jombang


Salah satu aspek positif kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat, adalah perubahan paradigma masyarakat dalam mencari dan memperoleh informasi, tidak hanya terbatas pada media surat kabar, televisi, radio, dan buku, tetapi juga dapat melalui internet. Internet merupakan salah satu media untuk memperoleh sumber informasi yang sangat luas jangkauannya dan “aktual”.

Dunia pendidikan merupakan salah satu bidang yang mendapatkan dampak dari kemajuan teknologi informasi tersebut. Oetomo dan Priyogutomo menyatakan pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidik ke peserta didik yang berisi informasi-informasi pendidikan, yang memiliki unsur-unsur pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan meteri pendidikan serta peserta didik itu sendiri. Internet sebagai salah satu sumber belajar telah melahirkan konsep e-learning. E-learning sendiri merupakan proses pendidikan yang memanfaatkan fasilitas internet sebagai salah satu sarana dan media dalam pendidikan pengajaran.

Namun dalam implementasinya, e-learning mengalami banyak kendala diantaranya kemampuan masyarakat pendidikan menggunakan internet sebagai media pembelajaran masih lemah padahal fasilitas internet di berbagai daerah sudah mencukupi. Salah satu cara mengatasi kendala tersebut adalah menggunakan media blog, dimana media ini cukup mudah dan dapat digunakan dengan pengetahuan internet yang sedikit dan banyak situs yang menyediakan fasilitas gratisan (Budi Sutedjo Dharma Oetomo, 2007). Dengan media blog setidaknya tersedia fasilitas menyimpan materi pembelajaran e-learning yang murah.

Permasalahan yang dihadapi sekarang, fasilitas blog ini tidak dimanfaatkan secara maksimal untuk kebutuhan pembelajaran. Blog ini dapat digunakan oleh para pendidik untuk mempublikasikan bahan ajarnya melalui internet dan dapat diakses oleh semua orang di dunia, sehingga semua orang akan tahu kapasitas dan kapabilitas akademis seorang dosen atau guru dan bahkan penyempurnaan akan dapat dilakukan setelah menerima kritikan dan koreksian dari orang lain.

SMA Negeri 1 Jombang sudah memiliki fasilitas internet dan komputer yang merupakan faktor utama untuk menerapkan pembelajaran berbasis e-learning, akan tetapi pengetahuan pengajar tentang content blog sebagai salah satu media dalam pembelajaran berbasis e-learning dirasa masih kurang maksimal. Oleh karena itu sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Prodi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang dan selaku alumni SMAN 1 Jombang beserta tim melakukan penyuluhan tentang media blog sebagai optimalisasi pembelajaran berbasis e-learning dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Jombang.

0 comments:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More