Selasa, Februari 3

PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA

Sejarah

Pendidikan Teknik Informatika (PTI) FT UM merupakan program studi (prodi) baru di Universitas Negeri Malang (UM) pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Prodi ini secara resmi dibuka pada tahun ajaran 2007/2008. Di Indonesia sendiri hanya terdapat 2 PTN yang membuka prodi ini dan salah satunya adalah UM. Berada di bawah naungan Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UM, membuat PTI semakin cocok dengan bidang ilmunya, karena memang bidang-bidang IT sangat erat sekali hubungannya dengan elektro dan elektronika.

Prodi Pend. Teknik Informatika (PTI) dibuka karena dalam menghadapi persaingan global, pemerintah merasa perlu menyelenggarakan pembelajaran IT (-TIK-), baik di SMP, SMA maupun SMK. Oleh karena itulah perlu disiapkan berbagai macam komponen dalam pembelajaran IT tersebut. Dan salah satunya adalah pendidik dan dalam hal ini adalah Guru IT/TIK. Sehingga pada tahun 2007 dibukalah prodi Pendidikan Teknik Informatika di Unversitas Negeri Malang.

Output PTI nantinya diharapkan bisa menjadi seorang calon guru yang professional dan mempunyai pandangan jauh ke depan serta mengemban tugas sebagai social control dan agent of change di masyarakat. Serta dapat mengabdikan diri dan ilmunya di sosial kemasyarakatan.

Dosen

Download dosen jurusan elektro: DOSEN

Sarana dan Prasarana

Dalam proses belajar dan pembelajaran, Pend. Teknik Informatika FT UM ditunjang dengan berbagai sarana dan prasarana yang dinilai cukup memadai. Sementara ini, kegiatan perkuliahannya pun dilakasanak di tiga gedung, yaitu gedung G4 sebagai gedung jurusan, gedung G6 dan gedung D2. Selain itu juga pada semester depan akan dibuka gedung baru Hx yang rencananya akan digunakan untuk menampung mahasiswa PTI. Oleh karena itulah, masalah ruang perkuliahannya pun tidak lagi menjadi suatu masalah. Walaupun untuk mencarai ruangan kosong ketika ada tambahan jam pun kesulitan.

Selain itu, PTI sendiri dilengkapi dengan beberapa laboratorium, seperti lab. Analog, lab. Digital, lab. Elda, lab. Elka, lab. Komputer, lab. jaringan, dan lab. Multimedia.

Kegiatan Kemahasiswaan

Mahasiswa Pend. Teknik Informatika yang berada di dalam naungan Jurusan Elektro FT UM bisa mengikuti berbagai macam kegiatan kemahasiswaan baik OPM(Organisasi Pemerintahan Mahasiswa), LSO (Lembaga Semi Otonom), maupun UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Namun disini, penulis akan membahas dua organisasi yang sangat erat hubungannya dengan jurusan elktro, termasuk PTI.

1. Himpunan Mahasiswa Elektro (HME)

HME merupakan salah satu macam OPM yang tingkatannya paling rendah di UM dan kalau diumpamakan dalam kehidupan masyarakat, merupakan suatu kabupaten dan dipimpin oleh seorang Bupati atau Kahim yang pada tahun 2009 berada di bawah kepemimpinan Bagus NH. Di HME sendiri terdapat 5 sie, yaitu:

  1. Sie Bakat Minat
  2. Sie Penalaran
  3. Sie Humas
  4. Sie Kerohanian
  5. Sie Rumah Tangga

Download contoh program kerja HME 2008: PROKER HME

2. Workshop Elektro (Ws’e)

Workshop Elektro FT UM merupakan satu dari lima LSO yang ada di Fakultas Teknik. Pada tahun 2009 ini, kepemimpinan workshop dipegang oleh Moh. Aziz (PTI 2007/Off.C). Workshop Elektro sendiri terbagi dalam 5 divisi, yaitu:

a. Divisi IT

Divisi ini menyalurkan ide2 kreatif mahasiswa dan menjawab rasa keingin-tahuan mahasiswa di bidang IT/TIK. Dan dikepalai oleh Wahyu Nur Hidayat (dreams seller). Di tahun 2009 ini, banyak sekali program yang akan diadakan oleh divisi IT, yaitu antara lain: workshop ICT, lomba web and blog, pelatihan editing video, pelatihan hacking, dan masih banyak lagi.

b. Divisi Broadcast

Divisi ini menghimpun mahasiswa yang mempunyai bakat dan minat di bidang penyiaran. Ws’e sendiri telah mempunyai radio sendiri yang didirikan oleh dana swadaya anggota dengan nama BAMBOO FM dan sejak bulan September 2008 telah mengudara di FM 90,7 MHz. Dan dikepalai oleh Rokhimatul Farida.

c. Divisi Power

Divisi Power pada dasarnya didirikan untuk menampung teman-teman dari prodi elektro. Namun tidak tertutup juga bagi teman-teman dari lain prodi maupun jurusan. Intinya disini adalah melakukan kegiatan managemen dan riset tentang kelistrikan. Dikepalai oleh Imam.

d. Divisi Projas

Divisi ini menyalurkan bakat dan minat mahasiswa dalam kegiatan produksi dan jasa serta marketing. Sehingga sangat cocok sekali bagi mahasiswa yang mempunyai minat untuk berwirausaha. Dikepalai oleh Rosidin.

e. Divisi Robotic

Divisi ini menyalurkan bakat dan minat mahasiswa dalam hal AI (Aecerdasan Buatan) dan Robotika. Dikepalai oleh Winata.

Penerimaan Mahasiswa

Pend. Teknik Informatika sendiri setiap tahunnya menampung 120 mahasiswa yang rata-rata 30 mahasiswa berasal dari PMDK prestasi; 25 mahasiswa berasal dari SNMPTN; dan 60 mahasiswa lainnya bersal dari Seleksi Program Mandiri I dan II. Selain itu juga ada beberapa mahasiswa yang menempuh jalur transfer ke PTI yang sebagian besar berasal dari jurusan elektro baik elektronya sendiri maupun elektronika.

Download jadwal seleksi masuk Universitas Negeri Malang:

JADWAL

Download jalur masuk PTI:

PTI

Download brusur UM:

Brosur

5 comments:

Ayix Silverberg mengatakan...

:)
Blogwalking walking....
http://ayiksilverberg.blogspot.com/

Ayix Silverberg mengatakan...

:)
Blogwalking walking....
by : Ayik Silverberg|◘◘◘◘◘◘ Just An Ordinary Boy ◘◘◘◘◘◘

iman mengatakan...

link downloadnya ga kenak gan...
lagi butuh info PTI nih, mohon bantuannya ya?

kingkong mengatakan...

Thank's gan infonya !!!

peluang agen tiket

Tarmo Sujono mengatakan...

Thanks gan infonya ! Sangat membantu sekali.

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More